Serunya Menggali Potensi Penelitian Teknologi Informasi

By 23/07/2020Berita BKHH

Jakarta, Humas LIPI. Teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu hal yang dimanfaatkan manusia setiap harinya khususnya pada era 4.0 ini, dimana banyak teknologi informasi dan kecerdasan buatan yang dapat digunakan dengan mudah, seperti aplikasi daring pada ponsel pintar. Berkembangnya sektor ini kemudian menjadi salah satu bidang yang menarik bagi kaum milenial, khususnya para remaja. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui kanal Instagram @pirnlipi pada Kamis (16/7) dalam program NGAPEL (Ngobrol Bareng Peneliti) menghadirkan Dr. Hilman F. Pardede, Peneliti di Pusat Penelitian Informatika LIPI, untuk menggali tentang potensi penelitian teknologi informasi yang dapat dilakukan saat ini.

Berkembangnya teknologi tidak hanya berpengaruh pada bidang informatika itu sendiri saja, namun juga berkembangnya berbagai bidang, seperti edukasi, kesehatan, bisnis, jasa, hingga kehidupan bersosial. Banyak teknologi yang sebelumnya tidak terpikirkan telah berhasil dibuat dan dikembangkan pada masa sekarang ini, seperti kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). Hal ini yang disebut Hilman sebagai peluang, dimana hampir semua sektor dapat diterapkan teknologi informatika di dalamnya. “Peluang dimana kita bisa berperan ketika orang lain belum kepikiran,” ungkapnya.

Seiring dengan perkembangan tersebut, perubahan teknologi dari masa ke masa merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindarkan. Namun, Hilman yang merupakan pakar informatika dan komunikasi serta pengolahan sinyal multimedia ini menganggap banyaknya perubahan justru akan membawa banyak kemudahan di masa depannya. “Namanya teknologi perubahan itu wajar. Accept and embrace. Kita harus ikut menjadi perubahan itu,” ujarnya.

Dengan lahirnya berbagai macam teknologi baru, orang-orang yang bekerja pada bidang teknologi informatika dituntut untuk dapat cepat beradaptasi pada perubahan. Hilman mengungkapkan kemampuan adaptasi akan lebih cepat jika kita sudah mendalami dasar dari suatu teknologi, karena teknologi baru hanyalah varian yang tidak banyak perubahan signifikan dari dasarnya. “Jika ingin cepat beradaptasi, pegang kuat basic informatika maka akan lebih mudah mempelajari hal-hal baru,” tuturnya.

Hilman juga mengatakan bahwa masih banyak potensi yang dapat dikembangkan dalam dunia teknologi informatika, seperti tren saat ini yaitu Machine learning, Artificial intelligence, dan Big data. Terlebih pengembangan Teknologi informasi di Indonesia yang merupakan potensi pasar yang besar dan sangat unik. Tidak ketinggalan,  pengembangan Cyber security juga akan menjadi peluang yang sangat besar di masa yang akan datang, karena kebutuhan setiap orang untuk merasa aman dalam menggunakan internet akan meningkat, dan hal itu membuat setiap perusahaan meningkatkan keamanannya melalui cyber security untuk mendapatkan kepercayaan para pengguna.

Generasi muda yang tertarik pada bidang teknologi informatika tidak perlu khawatir akan kebutuhan data terkait informatika, karena sudah banyak data yang tersedia secara publik dan dapat diakses gratis. “Data mining atau machine learning dapat diakses di kaggle.com contohnya, salah satu yang biasa dicari untuk sumber data tertentu,” jelas Hilman. Selain itu, Pusat Penelitian Informatika LIPI juga membuka peluang bagi mahasiswa untuk kerja praktek maupun mengolah data untuk tesis atau skripsinya disana. (sd /edt yt)

Leave a Reply