Humas LIPI. Setelah menyelenggarakan Workshop Pembekalan Substansi, Presentation Skill, dan Videografi, selama dua hari pada tanggal 23-24 Juni 2020, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali menyelenggarakan Workshop Science Presentation untuk mematangkan kesiapan Delegasi Indonesia di ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI) tahun 2020 pada Kamis (2/7).

Sebanyak 10 peserta dari 6 projek invensi terpilih mengikuti workshop. Bersama dengan Intan Suci Nurhati, Ph.D, Peneliti Pusat Penelitian Oseanografi LIPI sebagai narasumber dalam workshop ini, peserta diberikan materi mengenai teknik presentasi yang baik di ajang kompetisi internasional. Peserta juga diminta untuk praktek langsung mempresentasikan invensi mereka dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Plt. Kepala Bagian Humas LIPI Dyah Rachmawati Sugiyanto mengatakan, jika kita ingin orang percaya pada hasil penelitian kita, maka mulai dari kita sendiri juga harus yakin bahwa penelitian kita ini penting dan berguna. “Untuk itu, perlu dikemas dan dikomunikasikan dengan baik kepada audiens dan dewan juri IEYI nanti,” tuturnya saat membuka kegiatan. “Alur cerita itu penting agar pesan yang ingin kita sampaikan runut dan mudah dipahami orang lain,” tambahnya.

Pendekatan Story Telling  menjadi salah satu bahasan penting dan menarik dalam pelatihan ini  “Pengenalan perlu dibuat sederhana dengan menjelaskan manfaat yang diberikan dan siapa yang akan mendapat manfaat tersebut. Pakai pendekatan personal, ceritakan pengalaman kalian secara pribadi,” tutur Intan. “Kemudian dari sisi novelty, apakah ada kekinian alat, bila ada yang serupa, perlu dijabarkan kemajuan apa yang ditawarkan. Lalu terkait potensi kedepan dalam pemanfaatan secara masal perlu mengangkat testimoni calon pengguna dan penerima manfaat juga penting,” tambahnya.

Intan mengungkapkan, melalui pendekatan bercerita diharapkan juri merasa terkesan dan tertarik dengan tujuan invensi kalian. “Pakailah persuasif emosional selain memang kecanggihan dan manfaat invensi yang ada,” ujarnya. (shab/ ed: drs)

Leave a Reply