NYIA 2020

Judul Karya

M2CalTion-PTM: Magnetic Mixer Chemical Solution with pH and TDS Measurement

Uraian Desain

M2CalTion-PTM merupakan sebuah alat berbasisi mikrokontroller Arduino R3 dan Arduion Nano yang berfungsi sebagai alat penunjang kebutuhan pembelajaran dan pengajaran di laboratorium sekolah yang multifungsi dalam menghomogenkan larutan, mengukur pH serta TDS larutan dengan memanfaatkan Motor DC dan Keypad, sensor pH serta sensor TDS. Pada alat ini, pembacaan pada input komponen dan sensor dilakukan secara analog. Alat M2CalTion-PTM ini juga dilengkapi dengan beberapa komponen tambahan seperti LED (Light Emitted Diode) yang berfungsi untuk indikator visual besar nilai pH yang dibaca oleh sensor pH, LCD 16×2 yang berfungsi untuk menampilkan hasil pembacaan input keypad, nilai pH dan TDS, serta laser dioda sebagai stabilitator pembacaan sensor TDS dalam membaca jumlah padatan terlarut.
Sesuai dengan namanya M2CalTion-PTM. Alat ini memiliki beberapa fungsi sesuai dengan fitur penggunaanya yaitu sebagai:
No. 1) Sistem penghomogenan larutan dengan menghasilkan turbulensi pada larutan sehingga larutan menjadi homogen.
No. 2) Sistem pengukuran pH pada larutan berdasarkan hasil pembacaan sensor pH dengan hasil data ditamplkan secara analog. No. 3) Sistem pengukuran jumlah padatan terlarut pada larutan berdasarkan hasil pembacaan sensor TDS dengan hasil data ditampilkan secara analog.
Secara keseluruhan, M2CalTion-PTM memiliki jauh lebih banyak kelebihan dibandingkan alat-alat penunjang kebutuhan laboratorium di sekolah terutama di dalam bidang kimia yang berhubungan dengan larutan. Alat ini juga multifungsi. Sehingga pada alat M2CalTion-PTM, pengguna dapat melakukan multitasking dalam satu alat. M2CalTion-PTM juga mudah digunakan karena pengoperasiannya sangat sederhana dan berguna bagi lingkungan dan terutama bagi siswa/i dalam melakukan kegiatan praktikum di laboratarium sekolah.