Kunjungan Kehumasan BIG: BKHH Ungkap Strategi Mengelola Komunikasi Internal

Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas (BKHH) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menerima kunjungan Kepala Pusat Penelitian, Promosi, dan Kerja Sama beserta tim Humas Badan Informasi Geospasial (BIG) pada Selasa (21/7) lalu.

“Kunjungan ini merupakan upaya penguatan koordinasi dan dukungan kerja sama kehumasan kementerian dan lembaga,” tutur Suprajaka, Kepala Pusat Penelitian, Promosi, dan Kerja Sama BIG. “Kami juga melakukan benchmarking ke beberapa instansi lain seperti Kementerian Riset dan Teknologi, serta Kementerian Komunikasi dan Informatika,” tambahnya.

Kepala BKHH LIPI Mila Kencana menyambut baik kunjungan tersebut dan memaparkan kegiatan kehumasan di LIPI. “Kami juga masih banyak belajar dari instansi lain, khususnya untuk pengelolaan PPID sebagai upaya untuk menjadi informatif,” ujarnya.

Mila mengungkapkan, timnya juga kerap mengalami kendala ketika ada produk layanan korporat yang harus dikumpulkan datanya untuk kepentingan publik. “Tidak semua satuan kerja cepat merespon kebutuhan data yang kami sampaikan melalui surat. Untuk itu, strateginya adalah mengundang satuan kerja untuk memaparkan data layanan publik yang mereka miliki dalam sebuah forum internal lembaga,” urainya.

Dalam pertemuan, Plt. Kepala Bagian Humas dan Informasi Publik LIPI Dyah Rachmawati Sugiyanto menyampaikan kegiatan kehumasan LIPI yang berskala nasional dan Internasional serta teknis pengelolaan media sosial di LIPI. Terkait dengan pembinaan jabatan fungsional Pranata Humas, Dyah menyarankan agar BIG membentuk tim penilai internal lembaga dan membuat panduan bukti fisik sesuai kekhasan BIG, yang disepakati bersama.

Hadir pula dalam pertemuan tersebut Ketua Forum Komunikasi Pranata Humas LIPI, Kepala Bidang Promosi dan Kerja Sama, serta beberapa Pejabat Fungsional BIG. (drs)

Leave a Reply