Universitas Pertamina Harapkan Review dari LIPI

Universitas Pertamina mengadakan kunjungan kerja sama ke Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada Kamis, (25/1). Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan Universitas Pertamina sekaligus penjajakan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan Iptek. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Utama LIPI, Dr. Siti Nuramaliati Prijono, Kepala Biro Kerja Sama, Hukum dan Humas (BKHH), Nur Tri Aries Suestiningtyas, M.A, Wakil Rektor III Universitas Pertamina, Budi W. Soetjipto, Ph.D, dan beberapa dosen dari Universitas Pertamina.

Universitas Pertamina memiliki target selambatnya tahun 2035 menjadi World Class University. Untuk mencapai target tersebut banyak hal yang harus dilakukan. “Menghasilkan mahasiswa dengan kualitas yang baik adalah salah satu target yang harus dicapai,” tutur Budi W. Sucipto. Untuk itu, Budi melanjutkan, perlu dilakukan kegiatan yang dapat mengasah dan melatih kemampuan mahasiswa sehingga pada akhirnya masyarakat dapat memanfaatkannya. Budi juga mengatakan, Universitas Pertamina juga mengadakan kegiatan penelitian dan bekerjasama dengan beberapa universitas yang ada di luar negeri, salah satunya dengan Universitas Petronas Malaysia. Tidak hanya itu, Budi menyebutkan, Universitas Pertamina juga bekerjasama dengan pemerintah kota, khususnya dalam kegiatan pengabdian masyarakat.

“Perkuliahan bukan hanya sekedar kegiatan pengajaran. Menciptakan teknologi yang bermanfaat untuk masyarakat itulah yang seharusnya ditanamkan dan dilakukan mahasiswa saat ini, dan itu pula yang kami coba lakukan,” ungkap Budi. “Cara yang ditempuh salah satunya adalah melakukan inovasi-inovasi. Namun, inovasi yang dibuat harus diterapkan bukan hanya sebatas dipatenkan dan tentunya juga perlu dukungan dari pemerintah,” tambahnya. Untuk itu, Budi menegaskan, penting bagi Universitas Pertamina mendapatkan review dari luar, salah satunya oleh LIPI.

Selanjutnya, Universitas Pertamina menggagas kerja sama dengan LIPI terkait pengadaan riset, workshop dan kerja sama lainya yang berkaitan dengan pendidikan dan Iptek. Naskah kerja sama ditandatangani pada 1 Februari 2018, bertepatan dengan Dies Natalis Universitas Pertamina. (nf/drs)

Leave a Reply