BKHH LIPI merupakan satuan kerja di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Utama LIPI. Sejalan dengan perubahan kebutuhan organisasi, BKHH LIPI telah mengalami beberapa kali reorganisasi:

  1. Sebelum tahun 1987, cikal bakal BKHH LIPI berasal dari lima biro yakni Biro Hukum, Biro Hubungan Masyarakat, Biro Hubungan Internasional, dan Biro Publikasi, Biro Koordinasi serta Kebijaksanaan Ilmiah.
  2. Tahun 1987 empat biro digabung menjadi dua biro yaitu: Biro Hubungan Masyarakat dan Biro Publikasi digabung menjadi Biro Pemasyarakatan Iptek; sedangkan Biro Hukum digabung dengan Biro Hubungan Internasional menjadi Biro Kerja Sama Iptek.
  3. Tahun 2001, dengan Keputusan Kepala LIPI Nomor 1151/M/2001, terjadi lagi penggabungan antara Biro Kerja Sama Iptek dan Biro Pemasyarakatan Iptek menjadi Biro Kerja Sama dan Pemasyarakatan Iptek (BKPI LIPI) sebagai salah satu unit Satuan Kerja Eselon II di lingkungan Sekretariat Utama LIPI
  4. Tahun 2006, dengan ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2006 maka pemberian izin bagi peneliti asing yang sebelumnya dilakukan oleh LIPI melalui Subbagian Administrasi peneliti Asing BKPI LIPI kini dilaksanakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi.
  5. Tahun 2009, dengan meningkatnya kerja sama Iptek yang bersifat multilateral, maka fungsi Subbagian Administrasi Peneliti Asing di BKPI LIPI diubah menjadi Subbagian Kerja Sama Multilateral yang ditetapkan dengan Keputusan Sekretaris Utama LIPI Nomor 107/M/SU/2009, tanggal 23 Januari 2009.
  6. Tahun 2012 dan 2013, BKPI LIPI membentuk Tim Pelaksana Persiapan dan Penerapan Sistem Manajemen Mutu dan Tim Reformasi Birokrasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan BKPI LIPI.
  7. Tahun 2011-2013, dalam rangka pelaksanaan Reformasi Birokrasi, BKPI LIPI telah mengusulkan naskah akademis reorganisasi berupa perubahan nomenklatur biro, bagian, dan sub bagian serta perubahan stuktur organisasi biro melalui pengurangan jumlah eselon IV.
  8. Tahun 2014, berdasarkan Perka LIPI No. 1 Tahun 2014 Tentang Organisasi dan Tata Kerja LIPI, Biro Kerja Sama dan Pemasyarakatan Iptek (BKPI) berubah nomenklatur menjadi Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas (BKHH). Dengan landasan peraturan tersebut, BKHH juga telah mengimplementasikan Reformasi Birokrasi diantaranya perubahan struktur organisasi biro melalui pengurangan jumlh eselon IV di Bagian Hukum dan Humas.

2 All BKHH -small

u