Siswa Indonesia Ikuti Program Sains Internasional di Amerika Serikat

Maliya Finda Putri merupakan siswa dari Indonesia yang terpilih untuk mengikuti Broadcom MASTERS International di Los Angeles, California, Amerika Serikat selama sepekan penuh dari 13 hingga 20 Mei 2017. Ini juga kali pertama bagi Indonesia melalui Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjadi partisipan dalam Broadcom MASTERS International. Hasil inovasi Maliya “VOUCHER HERBARIUM: Media Pengenalan dan Pemahaman Kekayaan Biodiversitas Lebak Bagi Siswa-Siswi SMP di Lebak” yang meraih Special Awards dalam ajang Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) 2016 mampu mengantarkannya menjadi delegasi Indonesia dalam Broadcom MASTERS International.

Event tersebut adalah bagian dari rangkaian ajang tahunan Intel International Science & Engineering Fair (Intel ISEF). Tahun ini terdapat 26 delegasi yang terpilih dari 19 negara dan teritori di dunia. Dalam Broadcom MASTERS ini, para siswa akan berkesempatan untuk mengunjungi berbagai organisasi yang terkait dengan sains dan teknologi, antara lain University of California Irvine, Griffith Park Observatory, Autry Museum of the American West, dan Discovery Cube’s Ocean Quest. Selain rangkaian tur tersebut, mereka juga diberikan berbagai tugas berupa proyek riset terkait iptek yang dikerjakan secara kelompok maupun individu.

Dalam kesempatan ini, Kepala Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas (BKHH) LIPI, Nur Tri Aries Suestiningtyas menyampaikan bahwa keikutsertaan dalam kegiatan ini menunjukkan adanya recognition atas pelajar Indonesia di level international. Beliau juga menambahkan bahwa kegiatan seperti ini dapat memberikan peningkatan skill siswa dalam berpikir kritis dan kreatif dengan adanya kolaborasi dan komunikasi dengan pelajar dari berbagai negara. (yud)

Leave a Reply