Science Fun Walk Menyambut HUT Emas LIPI

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) diminta terus mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) agar menjadi pusat rujukan ilmu pengetahuan nasional. Dalam usia 50 tahun, LIPI juga dituntut untuk terus meningkatkan prodiktivitasnya baik dalam penerbitan jurnal ilmiah, publikasi jurnal, dan riset. Hal itu disampaikan dalam sambutan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti), Mohammad Nasir, pada saat membuka Science Fun Walk yang merupakan rangkaian menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 LIPI, (18/8) di Ecopark CSC (Cibinong Science Center), Bogor.

Science Fun Walk 2017 ini  diikuti 1000 orang peserta dari satuan kerja LIPI, SMU di wilayah Cibinong dan instansi di kawasan CSC. Pelaksana tugas Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Prof.Dr. Bambang Subiyanto, dalam sambutannya, menyatakan  tujuan kegiatan ini adalah mengenalkan sekaligus membumikan pengembangan dan pemanfaatan Iptek LIPI kepada publik. “Selain itu, juga untuk meningkatkan keeratan hubungan komunikasi berbasis Iptek antara LIPI dengan kalangan masyarakat, Kementerian/Lembaga lain, serta para pemangku kepentingan lainnya,” tambahnya.

 

Promosi Hasil Riset

Kegiatan ini juga dimanfaatkan LIPI untuk mempromosikan Kebun Raya Cibinong (CSC-BG) kepada masyarakat luas. Tiga topik utama yang diangkat dalam rangkaian ulang tahun ini adalah: Pertama, peran dan capaian LIPI dalam pengembangan Iptek (Science for Science), Kedua, kontribusi LIPI kepada masyarakat ilmiah (Science for Scientific Community), dan ketiga, kontribusi LIPI kepada pemangku kepentingan (Science for Stakeholders).

Produk hasil riset LIPI yang ada di pameran dan Bazar berupa makanan olahan dari jamur tiram, hasil tanaman dengan menggunakan pupuk organik, makanan kemasan kaleng yang terbaru berupa arsik ikan dari samosir, olahan padi gogo dan UKM binaan LIPI dari Banyumuluk, hasil buku-buku juranl LIPI dan beragam informasi lainnya tentang LIPI.

Sebagai informasi, kegiatan ini didukung oleh satuan kerja di lingkungan LIPI diantaranya Puslit Biologi, Bioteknologi, Limnologi, Telimek, BPTBA, Kebun Raya, BKHH, Ekonomi dan Pusbindiklat LIPI. (ks)

Leave a Reply