Piket PPID, Wujud Perbaikan Layanan Publik LIPI

Dalam rangka meningkatkan pelayanan Informasi Publik (PPID), Biro Kerjasama Hukum dan Humas (BKHH) melalui Bagian Humas telah membentuk piket PPID. Piket PPID mulai dilaksanakan secara bergiliran oleh staf Humas LIPI sejak Januari 2018.

Kepala Bagian Humas, Dwie Irmawaty Gultom menegaskan, pelaksanaan tugas piket PPID merupakan langkah perbaikan layanan publik LIPI. Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan keterbukaan informasi publik yang diatur dalam Undang-Undang No 14 tahun 2001.

Sebagai informasi, terdapat dua sesi pelaksanaan piket PPID LIPI yaitu sesi pagi (pukul 08.00 – 12.00 WIB) dan sesi siang (pukul 13.00 – 16.00 WIB). Di setiap sesi ada satu orang staf Humas bertugas di Ruang Layanan informasi Publik.

“Cukup banyak minat masyarakat untuk melakukan kerjasama dengan LIPI, biasanya penawaran untuk training, atau dia ingin meneliti bagaimana kadar mineral, jadi kita juga belajar”. Ungkap Lyra Vellaniza Ferbita, staf Humas LIPI yang mendapat jadwal jaga setiap Jum’at pagi. “Perhari tidak tentu jumlahnya, tapi pasti ada. Sekitar 30 menit saja sudah ada 5 penelfon,” tutur Lyra dengan ramah. Menurutnya, hal tersebut menunjukkan bahwa pelayanan informasi dari LIPI dibutuhkan oleh publik. (dau/drs)

Leave a Reply