Penguatan Etos Kerja dan Layanan BKHH demi Percepatan Reformasi Birokrasi LIPI

By 22/02/2018Berita BKHH

Sejak tahun 2008, upaya Reformasi Birokrasi (RB) di LIPI diterapkan sebagai komitmen instansi untuk meningkatkan budaya profesionalisme kerja yang berintegritas, memiliki kinerja tinggi, bebas dan bersih KKN. Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (BKHH LIPI) sebagai satuan kerja di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Utama LIPI turut serta dalam mendukung upaya percepatan RB LIPI dengan semakin menguatkan etos kerja dan layanannya.

Dengan mengusung tema tersebut, BKHH mengadakan Rapat Kerja 2018 sebagai sarana untuk menyamakan persepsi, komitmen, mengevaluasi kinerja, dan mendengarkan masukan dari stakeholders utama BKHH, yakni jajaran pimpinan utama LIPI. Sebagai persiapan menuju Rapat Kerja (Raker) pada tanggal 6-7 Februari 2018 , diselenggarakan Rapat Koordinasi pada hari Selasa (23/1) di Gedung Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) LIPI. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Rakor tahun ini dihadiri oleh beberapa Deputi Bidang yang ada di LIPI, diantaranya Dr. Enny Sudarmonowati (Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati), Dr. Tri Nuke Pudjiastuti, MA (Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan), Dr. Mego Pinandito, M.Eng. (Deputi Bidang Jasa Ilmiah), dan Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc. (Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik). Rapat tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Utama LIPI, Dr. Siti Nuramaliati Prijono dan secara resmi dibuka oleh Plt. Kepala LIPI, Dr. Bambang Subiyanto, M.Sc.

Dr. Siti Nuramaliati Prijono, selaku Sekretaris Utama LIPI menyampaikan arahan agar pegawai di BKHH harus bekerja dengan ikhlas dan selalu beryukur atas apa telah diberikan. Beliau juga menegaskan positioning bahwa bekerja itu adalah ibadah.

Dalam sambutan pembukanya, Plt. Kepala LIPI Prof. Dr. Bambang Subiyanto, M.Sc. menyampaikan bahwa BKHH harus lebih meningkatkan kinerja agar LIPI bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas dan dikenal dimana-mana. “Antara satu sama lainnya saling bersinergi, mindset harus lebih dibangun,” tegasnya. Ia juga berpesan, “kerjakan yang terbaik dan lihatlah disekelilingmu”.

Evaluasi dari Empat Deputi, demi BKHH lebih baik

Dalam Rakor ini, keempat Deputi LIPI yang hadir memberikan evaluasi dan arahan untuk kemajuan BKHH. Dr. Tri Nuke Pudjiastuti, MA memberi arahan terkait kinerja BKHH. Menurutnya, kinerja BKHH sudah cukup baik, tetapi tetap harus ditingkatkan mengingat persaingan yang sangat luar biasa. “BKHH LIPI perlu membangun nama LIPI menjadi suatu Lembaga yang besar, BKHH juga perlu mengidentifikasi BKHH dan mengetahui strategy branding yang cocok untuk LIPI,” tutur beliau.

Dr. Tri Nuke juga menyatakan apresiasinya terhadap BKHH yang sudah melakukan upaya perbaikan diri terus-menerus. “Fungsional utama BKHH adalah kehumasan. Harus ada relasi dan sistem yang mampu dibangun,” Tegasnya. “Brand identity pun harus terlihat, bukan sesuatu yang samar. Kemudian Brand Personality, bagaimana menambahkan daya tarik publik terhadap LIPI. Lalu Brand communication, kemampuan dan kehebatan dalam bidang komunikasi BKHH harus lebih unggul, tunjukkan communication yg sangat spesifik. Yang terakhir adalah Brand Equity, Tunjukan benefit dari keunggulan LIPI,” tambahnya.

Sementara, Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc. cukup puas atas kinerja BKHH. Beliau menegaskan bahwa semua pegawai harus open minded dan professional, serta loyal pada profesi. “Kita harus mengubah paradigma, tidak boleh baperan dan santai saja dalam menghadapi pekerjaan dan komentar. Bukalah wawasan, harus berani mengkritik dan mendapat kritik, serta harus memberi solusi yang konkret, serta bertanggung jawab,” tuturnya.

Deputi bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Prof. Dr. Enny Soedarmonowati menyatakan BKHH masih kurang cepat dalam menanggapi isu publik. Sedangkan Deputi bidang jasa Ilmiah LIPI, Dr. Mego Pinandito menekankan bahwa LIPI harus memiliki ciri khas dalam memberikan layanan. Beliau mencontohkan pada desain atau bentuk cinderamata dalam bentuk plakat.

Kepala BKHH LIPI, Nur Tri Aries Suestiningtyas, M.A. mengatakan bahwa BKHH di tahun 2018 akan memperbaiki semua tugas-tugas termasuk pelayanan publik yang memang menjadi tugas BKHH. “Tantangan berikutnya adalah dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang memang harus lebih profesional dan kami sepakat pada tahun 2018 ini akan meningkatkan kinerja,” pungkasnya.

Selain paparan para kepala bagian mengenai rencana BKHH 2018, dalam kesempatan tersebut, BKHH mengumumkan pegawai teladan BKHH 2018 yakni Rachmat Hidayat, pegawai terbaik berdasarkan presensi yang diraih oleh Renatha Rosdiana, serta pengelola keuangan terbaik yakni Nia Rosemiati.

RAPAT KERJA BKHH “ TO BE THE NUMBER ONE TEAM”

Rapat Kerja BKHH 2018 diselenggarakan di Hotel Ibis Styles Bogor di kawasan asri, Golf Estate Bogor Raya, Sukaraja, Jawa Barat pada Selasa (6/2). Acara dimulai dengan sambutan dan Sekretaris Utama LIPI, Dr. Siti Nuramaliati Prijono, yang selanjutnya sesi pertama ditutup dengan Penandatangan Penetapan Kinerja (PK).

Pertemuan tersebut diisi dengan Sosialisasi dan Penyusunan Tindak Lanjut Raker Sekretariat Utama LIPI, dilanjutkan dengan Pemaparan rencana kerja dan Pembagian tugas masing-masing bagian (Bagian Kerja Sama, Hukum, Humas, dan Bina Ilmiah Masyarakat/BIM).

Sesi berikutnya dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab, Pemaparan Ketua Komisi (Komisi Reformasi Birokrasi (RB) Pelayanan Publik yang juga memaparkan strategi branding LIPI yang menjadi salah satu dari tugas utama kehumasan LIPI. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemaparan dari Komisi RB Sumber Daya Manusia (SDM), dan Komisi RB Anggaran berikut diskusi dan tanya jawab.

Berikutnya, dilanjutkan dengan agenda Sidang Komisi dan Perumusan Komisi Raker, Sosialisasi Terkait Sistem Absensi, Penayangan kilas balik video BKHH 2017 dan Refleksi BKHH.

Acara kembali dilanjutkan pada hari berikutnya, Rabu (7/2) dengan agenda Pembacaan Rumusan Raker BKHH, selanjutnya Penutupan oleh Kepala Biro, Nur Tri Aries Suestiningtyas, M.A. dan Sesi Foto Bersama, terakhir ditutup dengan Pengembangan Kapasitas Diri Sivitas BKHH melalui kegiatan Outbond yang menantang kekompakan tim, strategi, dan konsentrasi berpikir.

Rakor dan Raker BKHH 2018 ini merupakan agenda awal dari semua kegiatan yang dilrencanakan BKHH pada tahun ini. Peluang dan tantangan baru menanti untuk diselesaikan oleh BKHH pada tahun ini, mengingat BKHH adalah fungsi utama LIPI dalam membentuk citra dan opini publik, maka BKHH harus mampu mengidentifikasi diri sebagai beranda depan rumah besar LIPI yang turut berkontribusi dalam pembentukan branding LIPI sebagai World Class Research Institute (Nz/Akb/Yt)

Leave a Reply