Partisipasi LIPI dalam Ritech Expo 2017

Rangkaian kegiatan memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke-22, digelar di Center Point of Indonesia (CPI) Makassar, pada hari Jumat tanggal 16 Juli 2017 di Pelabuhan Paotere Makassar.

Puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) yang jatuh pada 10 Agustus 2017 di Kota Makassar lalu, merupakan kegiatan yang sangat  istimewa karena sejak tahun 1995 diperingati, Pameran Ritech tahun ini merupakan pameran yang pertama kali diselenggarakan di luar Pulau Jawa. Peringatan Hari Teknologi Nasional dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir dan dilanjutkan dengan membuka ikatan pita Pameran Ritech Expo yang didampingi oleh Menristekdikti, Bapak BJ. Habibie, dan Ibu Puan Maharani di Wisma Negara Center  Point of Indonesia, Makassar.

Dalam ajang ini, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) didukung oleh satuan kerja di lingkungannya, yaitu Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Balai Pengembangan Teknologi Bahan Alam LIPI, Pusat Penelitian Biomaterial LIPI, Pusat Penelitian Limnologi LIPI, Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, Pusat Inovasi LIPI, Pusat Penelitian Biologi LIPI, Pusat Penelitian Laut Dalam LIPI, UPT Balai Pengembangan Instrumentasi LIPI, Pappiptek LIPI, UPT Loka SDM Pulau Pari dan Pusat Penelitian Metalurgi dan Material LIPI.

LIPI menampilkan informasi Iptek berbentuk poster dan produk. Adapun produk yang ditampilkan adalah Marine Biodiversity, Sampel Biota Laut Film E-Win, Info Perkapalan, Terumbu Karang Sampel, MARBEST, Buku Kemaritiman, Hasil Penelitian Ekspedisi Widya Nusantara, Budidaya Siput Mata Bulan, Budidaya Kerang Mutiara, Aneka jenis Terumbu Karang, Makanan dari Rumput Laut, Arthrospira Ganggang Renik Laut Berkhasiat, Sistem Komunikasi Bawah Air, Aquatic Sciences and Fisheries Abstract, Jam Atom, Nano Buble untuk budidaya perikanan air laut, Super Konduktor dan Implan.

Sejak dibukanya pameran pengunjung sangat antusias untuk meminta penjelasan tentang hasil-hasil penelitian yang sudah dihasilkan oleh LIPI dan untuk memiliki Produk serta Buku-Buku hasil penelitian yang dibagikan secara gratis. Selain itu setiap pengunjung yang tertarik pada hasil penelitian LIPI diberikan souvenir.

Tahun ini sangat istimewa bagi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) karena pada acara Hakteknas dan Pameran Ritech Expo yang ke 22 ini telah meraih 2 (dua) Penghargaan yang pertama LIPI menerima Penghargaan Lembaga Riset dan Pengembangan yang Terbanyak Kerjasama dengan Peneliti Asing dan Kedua LIPI meraih Stand Terbaik kategori Lembaga Kemenristekdikti. (sob)

Leave a Reply