Pameran LIPI dan Open Ship Kapal Riset Baruna Jaya VIII di Sail Sabang 2017

Dalam  rangka Sabang Wonderful and Marine Expo 2017, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berpartisipasi pada Open Ship dengan menampilkan Kapal Riset Baruna Jaya VIII.

Tema yang diambil tahun ini adalah “Sabang Menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia”. LIPI ikut berpartisipasi pada pameran ini dengan menampilkan hasil-hasil penelitian, diantaranya adalah Polikutur IMTA Terbaru: Teripang, Bandeng, dan Rumput Laut, Morfologi Lobster (Panulirus Homarus), Jenis-jenis Ikan Pari, serta Replika Ikan Purba (Coelachant), dan buku-buku hasil penelitian, serta film penemuan Ikan Purba. Sedangkan materi yang ditampilkan di Open Ship adalah jenis-jenis karang, informasi Ekspedisi Sabang 2015, Marine Research for Sustainable Future, Box Corf Sampler, dan Cutting PVC.Pipe Line.

Materi yang tampak paling menarik bagi pengunjung pameran adalah dengan ditampilkannya replika ikan purba banyak pengunjung yang ingin foto dengan replica ikan tersebut. Mukhlis salah satu penduduk Sabang mengungkapkan kekagumannya saat berkunjung ke stand LIPI. “Sungguh luar biasa kita bisa melihat ikan purba ini yang berumur 65 juta tahun yang lalu,” ujarnya.

Pameran Sail Sabang ini diikuti kurang lebih 200 peserta dari Pemerintah Pusat/Daerah/Lembaga dan 18 Kapal baik dari Luar maupun Dalam Negeri yang ikut memeriahkan Sail Sabang ini.

Rencana Pembangunan Stasiun LIPI Sabang

Pada kesempatan tersebut, Plt Kepala LIPI, Prof. Bambang Subiyakto mengatakan, “LIPI akan membuat aquarium dan membangun Hutan Mangrove yang terbengkalai bekas tempat pembuangan kapal-kapal bekas. Selain itu LIPI juga akan membangun Stasiun di Sabang yang nantinya akan dijadikan tempat pelatihan Budidaya Sumber Daya Laut yang dapat dikonsumsi langsung oleh masyarakat sekitarnya seperti kepiting, kerang, dan siput”.  “Harapan kami kegiatan ini LIPI bekerjasama dengan Dinas Pariwisata akan kita dahulukan mudah-mudahan awal tahun 2018 nanti”, tambahnya.

Selain itu Kepala Pusat Oseanografi LIPI, Dirhamsyah menambahkan juga bahwa “dengan adanya Stasiun yang berada di Sabang ini LIPI akan mengadakan penelitian tentang Biodiversity dan poteni-potensi lainnya selani potensi wisata laut yang ada di Sabang ini”. Juga tahun depan akan merehabilitasi hutan mangrove tambahnya. (sob/drs)

Leave a Reply