Motivasi Gelar Doktor untuk Staf BKHH LIPI

Doktor (perempuan) pertama dari kalangan Pejabat Fungsional Pranata Humas telah lahir pada Jum’at (10/2) lalu. Dr. Dyah Rachmawati Sugiyanto, Aparatur Sipil Negara di Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas (BKHH) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Dyah saat ini juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum I Ikatan Pranata Humas Indonesia (Iprahumas).

Melalui disertasinya, ia meneliti tentang Konstruksi Makna Humas Pemerintah bagi Pejabat Struktural dan Fungsional Humas (Studi Fenomenologi tentang Pemaknaan Humas Pemerintah bagi Pejabat Humas di BATAN, BPPT, dan LAPAN dalam Mengelola Informasi IPTEK). Masa studi 3 tahun dilaluinya di Universitas Padjadjaran. Penelitiannya menghasilkan kriteria Pejabat Humas Pemerintah.

“Ini salah satu pembuktian akan kecintaan saya terhadap profesi public relations,” tandas Dyah. “Masih banyak yang perlu saya dalami dari bidang ini, untuk itu saya tidak bisa berhenti berkarya sebagai Humas Pemerintah,” sambungnya.

Kepala BKHH LIPI, Nur Tri Aries Suestiningtyas mengatakan bahwa Dyah adalah staf pertama yang berhasil meraih gelar Doktor  di BKHH. “Beberapa tahun ke depan, BKHH akan memiliki 3 orang staf bergelar Doktor,” ujar Nur bangga.

Nur berharap, keberhasilan Dyah dapat menjadi motivasi tersendiri bagi staf BKHH lainnya, dan Dyah dapat berkontribusi lebih banyak untuk LIPI. (dee)

Leave a Reply