LIPI Tingkatkan SDM Litbang Kabupaten Purbalingga

By 13/03/2017Berita BKHH

Salah satu indikator tingkat keberhasilan program pemerintah daerah adalah kesesuaian dengan kebutuhan masyarakat dimana pemerintah itu berada. Terwujudnya hal tersebut tidak terlepas dari peran peneliti dalam menganalisa problem dan analisa kondisi lingkungannya. Karena itu diperlukan Sumber daya manusia (SDM) yang handal dan memadai.

 

Untuk mendukung hal tersebut, Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA) Purbalingga menggandeng LIPI dalam pelaksaan Workshop Bina Ilmiah SDM penelitian dan pengembangan tanggal 6-7 Maret 2017 di Kabupaten Purbalingga.

 

Kegiatan workshop ini dibuka langsung oleh Kusmartadi, Kepala BAPPEDA Purbalingga. “Otonomi daerah menuntut Pemda untuk dapat menentukan potensi daerahnya”, ucap Kusmartadi dalam sambutannya. Ia juga menegaskan bahwa potensi itu harus dilakukan berdasarkan penelitian yang baik.

 

Yusuar, Kepala Bagian Bina Ilmiah Masyarakat Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas (BKHH) LIPI saat memimpin tim instruktur LIPI, menyambut baik dilaksanakannya pembinaan ilmiah ini. “Workshop ini sebagai tindak lanjut dari Nota Kesepahaman LIPI dan Pemerintah Kabupaten Purbalingga yg ditandatangani 2015 lalu,” tutur Yusuar.

 

Dalam pelaksanaan pembinaan ilmiah kali ini difokuskan kepada dua bidang keilmuan, yakni ilmu alam dan ilmu sosial. Untuk ilmu Alam diinstrukturi oleh Dr. Ahmad Dinoto dari Pusat Penelitian Biologi, dan untuk ilmu sosial diinstrukturi oleh Dr. Alie Humaedi dari Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan. Peserta tidak kurang dari 32 orang dengan difokuskan kepada guru-guru sekolah-sekolah yang ada di Purbalingga.

 

Selain pelaksanaan workshop, BKHH juga menawarkan pelaksanaan kerja sama dalam pelaksanaan perkemahan ilmiah remaja untuk tahun 2018 mendatang dengan menjadikan Purbalingga sebagai tuan rumah untuk ajang pembinaan ilmiah remaja paling bergengsi di Indonesia ini. (Adh)

Leave a Reply