LIPI Goes To School Jakarta: Membina Generasi Sains Ibukota

Dalam melaksanakan pembinaan ilmiah masyarakat, LIPI melalui Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas (BKHH) menyelenggarakan kegiatan LIPI Goes To School yang mengundang 115 siswa kelas SMA X hingga XII di sekolah-sekolah sekitar kawasan Jakarta Timur pada tanggal 4 Mei 2017, kegiatan ini adalah hasil kerja sama LIPI dengan SMA N 105 Jakarta sebagai tuan rumah pelaksanaan.

Pelatihan ini dibuka oleh Yutainten, S.Sos, M. Comunn., selaku perwakilan BKHH yang menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif kegiatan ini. “ Kegiatan ini diharapkan dapat memberi inspirasi bagi adik-adik yang ingin menjadi peneliti, kami percaya bahwa generasi muda Indonesia adalah generasi sains”, ujarnya. Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah dalam rangka sosialisasi program dan branding LIPI bagi kalangan siswa-siswi yang masih bersekolah, khususnya siswa SMA di kawasan Ciracas dan sekitarnya. Beberapa kegiatan yang disosialisasikan adalah Pekan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) dan Lomba Karya Tulis Ilmiah Remaja (LKIR) yang membuka kesempatan untuk siswa-siswi dari berbagai provinsi di Indonesia untuk berpartisipasi melalui situs http://infokompetisi.lipi.go.id/. Selain itu, para peserta diundang untuk datang dan mengikuti rangkaian kegiatan di Indonesia Science Expo (ISE) yang akan diselenggarakan LIPI pada tanggal 23-25 Oktober 2017 di Balai Kartini Jakarta.

Kegiatan ini menampilkan pertunjukan sains yang informatif dan menarik kepada siswa SMA yang disampaikan oleh Teuku Beuna, M.Sc., Arif Setiawan, M.Eng., Eni Suryani, S.P., dan Sujarwo, S.Si., peneliti dari Pusat Penelitian Kimia LIPI Serpong, Tangerang Selatan. Dalam segmen ini, peneliti menampilkan eksperimen pembuatan bahan bakar solar dari minyak goreng dan bensin dari kayu. Eksperimen ini membuktikan bahwa bahan bakar dapat dihasilkan dari benda-benda yang terdapat di sekitar kita, sehingga energi terbarukan dapat diperoleh dengan mudah dan murah, asalkan kita mau melakukan penggalian ilmu pengetahuan dan bereksperimen dengan penuh kegigihan.

Animo tinggi peserta ditunjukkan oleh pendapat Rizki Septian, siswa SMAN 105 Jakarta, “Saya senang karena mendapat banyak ilmu, dan menambah pemahaman tentang apa itu LIPI, program-programnya dan bagaimana LIPI punya andil bagi remaja” ujarnya. Capaian dari kegiatan ini, yaitu siswa memperoleh informasi mengenai LIPI dan kegiatannya yang berkaitan dengan sekolah, khususnya tingkat SMA, sehingga diharapkan ke depan siswa dan guru yang terlibat dapat ikut serta dalam kompetisi dan acara perkemahan maupun pelatihan ilmiah yang diselenggarakan oleh LIPI.  (akb-yut).

Leave a Reply