Proposal Terbimbing LKIR 2018

Selamat kepada masing – masing tim yang berhasil menjadi Peserta Terbimbing LKIR 2018 seperti pada Surat dan Lampiran berikut :

Catatan :
– Kontak Mentor akan disampaikan Panitia kepada Peserta melalui Email Ketua Tim selambat – lambatnya besok (3/7) pada pukul 18.00 WIB bersamaan dengan Panduan Mentoring serta dokumen lain yang diperlukan

Proposal Terbimbing LKIR Bidang IPH
Proposal Terbimbing LKIR Bidang IPK
Proposal Terbimbing LKIR Bidang IPSK
Proposal Terbimbing LKIR Bidang IPT

Registrasi Kompetisi Ilmiah LIPI 2018 Dibuka! Berikut Panduan Singkat Pendaftarannya

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia kembali menyelenggarakan Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) Ke-50 dan National Young Inventors Award (NYIA) Ke-11 tahun 2018. Kami mengundang Anda, Remaja Indonesia, Pelajar SD-SMP-SMA/sederajat untuk ikut serta dalam kedua ajang tersebut. Panitia merekomendasikan Anda untuk mengunduh Buku Pedoman Kompetisi LIPI 2018 dengan klik link berikut atau dapat klik di bawah cover buku di samping. Selanjutnya, Peserta dapat mendaftar melalui website berikut: http://registrasi.infokompetisi.lipi.go.id Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pendaftaran:

  1. Lakukan registrasi baru (klik menu “Lomba” > “Registrasi Lomba”)
  2. Isi data secara lengkap dan benar sesuai instruksi
  3. Tiap karya hanya boleh didaftarkan sebanyak 1 (satu) kali
  4. Peserta boleh mendaftarkan lebih dari 1 (satu) judul karya
  5. Karya yang telah didaftarkan akan tampil pada menu “Lomba” > “Daftar Registrasi” dan tercatat sebagai peserta pada menu “Daftar Peserta”
  6. Peserta dapat melakukan perubahan data/berkas pada karya yang didaftarkan selama registrasi belum ditutup.
  7. Ingatlah alamat email dan password Anda (diperlukan untuk login apabila akan mengubah/memperbaharui data registrasi)
  8. Anda dapat login pada halaman registrasi dengan memasukkan alamat email dan password
  9. Pergunakan fitur “Lupa Password” untuk melakukan reset password

Kami menunggu karya terbaik anak bangsa untuk bersaing dalam kedua kompetisi ini! Pemenang LKIR 2018 akan memiliki kesempatan berlaga pada ajang Intel International Science and Engineering Fair (ISEF) 2019, sedangkan Pemenang NYIA akan memiliki kesempatan berlaga pada ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2019. Share info ini kepada rekan, murid dan teman Anda! Indonesia menanti karya terbaik anak bangsa! Be the next Scientist! Panitia Kompetisi Ilmiah LIPI

Lomba Karya Ilmiah Remaja LKIR 50

National Young Inventors Awards NYIA 11

Kategori LKIR

1. Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (Social and Behavioral Sciences) Merupakan kategori LKIR yang berkaitan dengan studi sosial dengan beberapa sub tema: Psikologi (Psikologi Sosial, Psikologi Kognitif, Psikologi Fisiologis), Sejarah, Geografi, Ekonomi, Sosiologi, Antropologi, Politik, dan lainnya.

2. Ilmu Pengetahuan Hayati (Life Sciences) Merupakan kategori LKIR yang berkaitan dengan ilmu alam, berbagai kajian observasi, eksperimentasi, penyimpulan dengan ruang lingkup makhluk hidup, energi dan perubahannya, dan keilmuan tentang alam lainnya, dengan sub tema: Kimia, Biokimia, Biologi, Mikrobiologi, Ilmu Tumbuhan, Ilmu Tanaman, Ilmu Tanah, Ilmu Hewan, Obat dan Kesehatan, Ilmu Lingkungan, Manajemen Lingkungan, Ilmu Matematika, dan lainnya.

3. Ilmu Pengetahuan Teknik (Engineering Sciences) Merupakan kategori LKIR yang berkaitan dengan merancang dan menghasilkan perangkat-perangkat, struktur-struktur dan proses-proses yang dapat digunakan serta dapat berupa inovasi produk dan pengembangan system, dengan subtema: Fisika, Energi dan Transportasi, Teknik Mekanika dan Elektronika, Ilmu Komputer, Informatika, Teknik Material & Bioteknologi, dan lainnya.

4. Ilmu Pengetahuan Kebumian dan Kelautan (Earth and Marine Sciences) Merupakan kategori LKIR yang berkaitan kajian, observasi, dan menghasilkan perangkat-perangkat di bidang ilmu kebumian dan kelautan, dengan subtema: Astronomi, Klimatologi, Cuaca, Geokimia, Minerologi, Paleontologi, Geofisika, Geologi, Kelautan/Oseanografi, dan lain

Kategori NYIA

1. Manajemen Bencana Invensi yang tergolong dalam kategori ini adalah Invensi yang berguna untuk mendeteksi dan/atau mencegah terjadinya bencana alam, juga berguna dalam penanganan pasca bencana. (Teknologi, produk, sistem dll)

2. Edukasi dan Rekreasi Invensi yang tergolong dalam kategori ini adalah Invensi yang dapat digunakan dalam pengajaran ataupun dunia pendidikan, ataupun Invensi dengan tujuan edukasi dan rekreasi (media olahraga, hiburan dll)

3. Pangan dan Pertanian Invensi yang termasuk kategori ini adalah Invensi yang meningkatkan kualitas dunia pangan, memberikan solusi atas permasalahan – permasalahan pertanian dan dunia pangan yang dihadapi saat ini. Invensi yang dapat dilombakan dalam kategori ini hanya system/teknologi peningkatan kualitas produk pangan. Variasi produk pangan baru  (seperti variasi makanan, dst) tidak dapat dilombakan dalam NYIA. Invensi dalam NYIA juga dilarang menggunakan makhluk hidup baik dalam eksperimen maupun penggunaannya.

4. Teknologi Ramah Lingkungan Invensi yang termasuk dalam kategori ini adalah Invensi yang mendorong pelestarian alam, upaya pengurangan polusi, peningkatan efisiensi energy dan teknologi lain yang ramah lingkungan

5. Keamanan, Keselamatan dan Kesehatan Invensi yang termasuk dalam kategori ini adalah invensi yang mendorong peningkatan kualitas keamanan dan keselamatan, juga Invensi yang berkontribusi positif dalam dunia medis (berupa alat, system maupun praktik medis)

6. Teknologi bagi penyandang disabilitas dan kebutuhan khusus Invensi yang termasuk dalam kategori ini adalah inovasi yang membantu kalangan disabilitas, usia lanjut, ibu hamil dan anak-anak.

7. Teknologi Informasi dan Komputasi Invensi yang termasuk dalam kategorii ini adalah inovasi yang menggunakan program – program komputer sebagai basisnya, seperti perangkat Mikrokontroler, Alat – alat yang menggunakan prinsip IoT atau alat bantu lain yang dapat dikategorikan dalam komputasi.

Kriteria Peserta LKIR

Adapun Kriteria Peserta LKIR adalah sebagai berikut

  1. Siswa SMP dan SMA atau sederajat, dengan ketentuan maksimum peserta adalah siswa kelas XII pada saat Presentasi Finalis
  2. Perorangan atau kelompok maksimal 2 (dua) orang.
  3. Belum pernah menjadi pemenang LKIR atau lomba sejenis tingkat nasional lainnya dalam kurun waktu dua tahun terakhir.
  4. Melampirkan surat keterangan/rekomendasi dari sekolah/instansi terkait dan daftar riwayat hidup yang berisi: (template Daftar Riwayat Hidup dapat diunduh di bawah)
    • Nama Lengkap
    • Jenis Kelamin,
    • Tempat dan Tanggal Lahir,
    • Alamat Domisili,
    • Sekolah/Instansi,
    • Nomor Telepon/HP Peserta/Ketua Kelompok
    • Email Pribadi Peserta/Ketua Kelompok
    • Diketahui oleh orangtua atau wali dengan tanda tangan.
  5. Karya Ilmiah yang sedang diikutsertakan dalam kompetisi ilmiah lainnya, tidak dapat diikutsertakan dalam LKIR.
  6. Proposal beserta pendaftaran Online peserta paling lambat 30 April 2018 Pukul 23.59 WIB
  7. Format Proposal dapat diunduh di bawah ini

Kriteria Peserta NYIA

Adapun Kriteria Peserta NYIA adalah sebagai berikut

  1. Usia 8-18 tahun dan/atau setingkat SD, SMP, SMK dan SMA sederajat
  2. Perorangan atau kelompok maksimal 2 (dua) orang.
  3. Belum pernah menjadi pemenang NYIA atau lomba invensi sejenis tingkat nasional lainnya dalam kurun waktu 2 (dua) tahun
  4. Uraian desain alat peraga dikirimkan secara elektronik melalui halaman registrasi NYIA di http://registrasi.infokompetisi.lipi.go.id
  5. Uraian desain alat peraga harus mengikuti template berisi latar belakang pemikiran pembuatan desain dilengkapi foto dengan konsep tertulis dan informasi spesifikasi teknis tentang bahan yang dipakai, ukuran, cara pemakaian, dan fungsi alat yang dapat diunduh di bawah ini
  6. Uraian desain alat peraga diterima panitia selambat-lambatnya tanggal 22 Juli 2018 Pukul 23.59 WIB
  7. Karya belum pernah diikutsertakan dalam lomba yang sejenis tingkat nasional lainnya. Panitia akan melakukan diskualifikasi jika terbukti karya telah dilombakan pada kompetisi sejenis tingkat nasional lainnya.
  8. Melampirkan riwayat hidup dalam satu lembar yang berisi: (format dapat diunduh di bawah ini)
    • Nama lengkap,
    • Tempat dan tanggal lahir,
    • Alamat,
    • Sekolah/instansi,
    • Nomor telepon/HP, dan email serta diketahui oleh orangtua atau wali.
  9. Finalis akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti pameran pada tanggal 1 – 4 November 2018
  10. Bagi finalis kelompok, panitia menanggung akomodasi dan transportasi Peneliti Utama (berada di urutan pertama).
  11. Pengumuman finalis dapat dilihat melalui situs lipi.go.id pada tanggal 5 September 2018
  12. Panitia berhak menyebarluaskan/mensosialisasikan alat peraga yang diperlombakan melalui berbagai media.
  13. Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat.
  14. Panitia akan membatalkan status keikutsertaan peserta jika terbukti melanggar kriteria di atas.

Template