Kemenkeu Pelajari Pembinaan Pranata Humas LIPI

Sejalan dengan ditetapkannya UU No.5 Tahun 2014 tentang ASN yang mengamanatkan manajemen pegawai dengan system merit, Kementerian Keuangan RI mengembangkan penggunaan jabatan fungsional dari K/L lain, dalam hal ini adalah Jabatan Fungsional Pranata Humas (JFPH).

Sebagai tahap awal penggunaan jabatan tersebut, tim Kementerian Keuangan yang terdiri dari Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan dan Biro Komunikasi dan Layanan Informasi mempelajari pembinaan JFPH di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Selasa (7/2) kemarin.

“Sebelumnya, kami sudah ke Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Kemenkominfo selaku instansi pembina merekomendasikan LIPI sebagai instansi yang bisa dijadikan lokasi benchmarking untuk implementasi pembinaan JFPH,” jelas Sulistyantini, Kepala Sub Bagian Jabatan Fungsional I, Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan Kementerian Keuangan.

Sementara, Ahmadi Muhajiry, Kespala Sub Bagian Tata Usaha Biro Komunikasi dan Layanan Informasi, Kementerian Keuangan mengungkapkan kekhawatirannya terhadap keberlangsungan JFPH di Kementerian Keuangan. “Kami perlu keyakinan, kepastian, dan semangat untuk mewujudkan ini,” terang Ahmadi.

Berdasarkan jenis pekerjaan yang disebutkan, Yusuar, Plh. Kepala Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI mengatakan keoptimisannya jika jalur karir JFPH dibuka di Kementerian Keuangan. Saat itu Yusuar hadir didampingi Isrard (Kepala Bagian Humas LIPI), Purwadi (Ketua Fortamas LIPI), dan Dyah R. Sugiyanto (Pranata Humas Muda LIPI). (dee)

Leave a Reply