Inovasi Layanan Publik ASN Mendukung Reformasi Birokrasi

Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Adi Suryanto sangat mengapresiasi pemerintah daerah yang menjadi mitra kerja Laboratorium Inovasi. Hal itu disampaikannya pada pembukaan acara ‘Launching Indeks Persepsi Inovasi Pelayanan Publik dan Forum Replikasi Inovasi’ di Gedung LAN, Jakarta, Kamis (16/11/2017).

Dalam sambutannya, Kepala LAN RI, Dr. Adi Suryanto, M.Si menyampaikan pelaksanaan forum replikasi inovasi ini sudah digagas sejak lama, dalam 3 tahun terakhir inovasi di sektor publik terus tumbuh berkembang dan tersebar dimana-mana, baik di level kabupaten/kota, provinsi, maupun lembaga dan kementerian. “Bagaimana inovasi-inovasi yang dirintis dan diciptakan oleh kawan-kawan Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat dituangkan dalam sharing experience, sharing belajar di antara kita di dalam sebuah forum agar siapapun dan dimanapun ASN yang memiliki ide dan yang berhasil bisa menjadi role model/ inspirasi bagi kawan-kawan ASN lainnya”.

Menurut Adi Suryanto, penyelenggaraan pelayanan publik merupakan fungsi pemerintah yang harus dilaksanakan dengan baik, salah satunya adalah pelayanan bidang administrasi yang kewenangan penyelenggaraannya masih menjadi monopoli pemerintah.

Dr. M. Imanuddin, Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Pengelolaan Sistem Informasi Pelayanan Publik Kemenpan-RB menambahkan, Kemenpan-RB mencanangkan gerakan one agency-one innovation dimana setiap instansi diwajibkan berinovasi setiap tahunnya. Hal ini dilakukan agar tujuan reformasi birokrasi dalam hal: menciptakan pemerintahan yang bersih dan akuntabel, menciptakan birokrasi yang efektif dan efisien, dan melakukan peningkatan kualitas pelayanan publik, dapat diakselerasi dengan berinovasi.

Sekretaris Propinsi Kalimantan Tenggara, H Badrun, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa Kaltara akan terus mendorong dan mendukung penuh program pemerintah tersebut sebagai upaya untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik. “Tentunya dengan standar dan aturan yang jelas. Serta semuanya terukur dengan harapan masyarakat lebih baik nantinya,” ujar H Badrun.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Karimun H. Aunur Rafiq memaparkan salah satu tol laut dan pariwisata di Kabupaten Karimun. Ia mengaku, inovasi yang dilaksanakan berdasarkan pengalaman, dan melalui proses yang cukup panjang. “Keberhasilan inovasi pelayanan publik tadi juga berkat dukungan semua elemen masyarakat dalam mendorong pembangunan Kabupaten Karimun,” ujar Rafiq.

Menurut Pranata Humas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dyah Rachmawati, saat ini instansi pemerintah berlomba-lomba untuk menciptakan inovasi dalam memberikan pelayanan publik. “Termasuk LIPI. Tahun 2017, LIPI sudah berpartisipasi dalam lomba inovasi layanan publik, tahun depan LIPI akan kembali ikut serta dalam lomba tersebut,” ujar Dyah yang juga tergabung dalam Tim Layanan LIPI. (in/drs)

Leave a Reply