Humas LPNK Ristekdikti Tingkatkan Pemahaman “Public Speaking”

Pelatihan Public Speaking yang diikuti oleh Humas LPNK Kemristekdikti

Guna memberi pemahaman tatacara Public Speaking, Forum Kehumasan Ristekdikti-LPNK mengadakan kegiatan Pelatihan Public Speaking. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Serpong (24-25/5), dihadiri oleh sivitas Humas BATAN, BSN, LIPI, dan LAPAN.

Kepala Bagian Komunikasi Publik Kemristekdikti, Munawir Razak mengatakan bahwa pelatihan kehumasan kali ini bertujuan membantu peserta dalam instrospeksi diri dan tidak segan-segan berkomunikasi dengan teman lain untuk memecahkan permasalahan yang dihadapinya.

Pelatihan Publik Speaking diisi oleh Pakar Public Speaking, David Setiadi mengenai teknik-tenik presentasi. Di anataranya membahas bagaimana mengatasi rasa nervous/grogi, beserta tips agar lebih percaya diri saat berbicara di depan dan tampil prima di hadapan publik.

Selain David, hadir pula narasumber Dewi Nurmalsari, S.Pd, MM, Dosen Komunikasi Universitas Negeri Jakarta. Ia menjelaskan tentang komunikasi yang efektif. Menurutnya, kunci dari komunikasi interpersonal adalah kesetaraan.

Dewi juga menyampaikan bahwa etika adalah aturan yang dijalankan perilaku nya adalah etiket. Contoh yang disebutkannya adalah sopan santun dan toleransi. Manfaat beretika menurut Dewi adalah membuat suasana menyenangkan, ingin dihargai dan citra yang baik untuk pribadi. “Tentang cara berpakaian, pakaian yang ada anda kenakan bukan lagi sekedar alat penutup tubuh, melainkan perpanjangan dari kepribadian anda. Keindahan penampilan busana fisikyang  anda kenakan akan memoles keadaan psikis anda, karena when you look good, you feel good,” terangnya. (shf)

Leave a Reply