Sesuai amanat Peraturan Presiden nomor 33 tahun 2012, LIPI terus mendukung Integrasi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) secara nasional. Kedepannya situs website JDIH LIPI yang dapat diakses melalui alamat www.jdih.lipi.go.id, juga dapat di akses melalui website JDIH Nasional di alamat www.jdih.id.

Guna mendukung terintegrasinya web JDIH LIPI dan JDIH nasional, ada tujuh komponen struktur data yang diperlukan, yakni Judul Peraturan, Nomor, Tahun, Status peraturan, abstrak, katalog, dan file download. Selama ini JDIH LIPI belum dilengkapi dengan abstrak dan katalog. Untuk melengkapi hal tersebut, BKHH bersama dengan PDII menyelenggarakan Forum Group Discussion Penyusunan Abstrak dan Katalog Peraturan Kepala LIPI dalam rangka Integrasi Database Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional, Selasa, 11 Apri 2017 di Gedung Kusnoto Bogor.

Nur Tri Aries, Kepala BKHH LIPI, dalam membuka FGD ini menyampaikan terus dukungannya terhadap integrasi JDIH LIPI dengan JDIH Nasional tersebut. Meskipun begitu, Nur Tri tetap mengingatkan, “fokus utama jadi JDIH adalah pada kontennya, yang tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas, tapi khususnya bagi civitas LIPI sendiri”, ucap Nur Tri. “sehingga upaya promosi JDIH juga perlu dilakukan di intra LIPI”, tambah Nur Tri.

Pelaksanaan FGD ini, BKHH mengundang Pustakawan Utama, Roehani Nani Rahayu, dan pustakawan madya, Tupan dari PDII LIPI. Untuk pesertanya diambil dari tim Perancang Perundang-undangan dari Bagian Hukum LIPI. Roehani menyampaikan materi tentang penyusunan abstrak Peraturan perundang-undangan, sementara Tupan menyampaikan terkait dengan Katalog peraturan perundang-undangannya. Untuk penyusunan abstrak dan katalog suatu peraturan, Roehani mengusulkan, “sebaiknya dilakukan oleh satu orang, agar dapat sinergi”, ucap Roehani.

Dalam pelaksanaan FGD ini, Srining Widati, Kepala bagian Hukum BKHH LIPI menargetkan abstrak dan katalog semua Perka LIPI dari tahun 2010 sampai tahun 2017 rampung dibuat. “tentunya hal ini tidak terlepas dari kerja sama antara Pustakawan PDII dan Perancang LIPI”, tandas Sri Ning.

Sebagai penutup, Nur Tri menyampaikan harapannya antara Pustakawan PDII dan Perancang di BKHH dapat terus kompak dalam membangun JDIH lebih baik kedepannya.

(Adh)

Leave a Reply