BKHH LIPI KOMITMEN TERAPKAN ISO 9001:2015

28 Mei 2018 menjadi momen bagi Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas (BKHH) LIPI untuk menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Sebagaimana ketentuan dari ISO 9001:2015, komitmen dalam penerapan sistem manajemen mutu tidak hanya berasal struktur manajemen semata, tapi juga oleh seluruh komponen pegawai dan staf di lingkungan institusi itu sendiri. Hal inilah yang kemudian didorong oleh Nur Tri Aries selaku Kepala BKHH LIPI kepada civitas BKHH yang hadir dalam Launching  Komitmen Penerapan ISO 9001:2015.

“Bapak-Ibu (civitas BKHH), siap menerapkan ISO 9001:2015?”, Nur Tri bertanya kesiapan civitas BKHH dalam penerapan ISO 9001:2015 saat menyampaikan sambutannya. Pertanyaan tersebut dijawab serentak, “Siaaap!!!”, oleh peserta yang hadir.

Nur Tri juga menyampaikan bahwa sebelumnya BKHH telah menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 khususnya untuk layanan perancangan peraturan perundang-undangan. Untuk tahun ini dilakukan pembaruan sekaligus penambahan layanan utama yang akan disertifikasi, sehingga menjadi empat layanan, yakni Penyusunan Peraturan Perundang-undangan, Kunjungan Ilmiah, Bimbingan Ilmiah Masyarakat, dan Peliputan Media Massa. Masing-masing merupakan layanan utama dari empat bagian di BKHH.

Lebih jauh Nur Tri juga meminta kepada seluruh Kepala Bagian untuk turut mendorong dan mengawal penerapan ISO 9001:2015 ini sebagaimana pembagian job desk nya masing-masing. “seperti”, Nur Tri menjelaskan, “Pemantauan dan analisis isu-isu internal dan eksternal, serta analisis terhadap peluang dan risiko dari masing-masing layanan”, jelas Nur Tri.

Srining Widati selaku Wakil Manajemen dalam penerapan ISO 9001:2015 ini juga menyampaikan harapannya akan peningkatan kualitas dan layanan BKHH agar lebih terjamin. “dengan adanya ISO, diharapkan kualitas dan layanan yang diberikan BKHH akan lebih terjamin”, ucap Srining.

Srining juga menyampaikan penerapan ISO 9001:2015 untuk menjamin kepuasan penerima layanan. “ISO 9001 : 2015 merupakan standar sistem manajemen mutu yang diakui secara internasional  menjamin kepuasan penerima layanan”, tutur Srining. “Diharapkan dengan begitu dapat menigkatkan reputasi BKHH”, tambah Srining.

Secara khusus, Nur Tri juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tomtom Makmur dari Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian LIPI yang telah mendampingi BKHH dari awal proses persiapan hingga nanti proses sertifikasi oleh lembaga sertikasi.

Tomtom Makmur dalam salah satu kesempatan juga menyampaikan saran terhadap BKHH dalam penerapan ISO ini. “Dalam pembangunan ISO ini jangan dijadikan beban, ada ataupun tidak ada ISO, komponen yang dipersyaratkan oleh ISO adalah tetap hal yang sehari-hari dijalankan dan harus diterapkan oleh BKHH”. Tutur Tomtom. “sehingga hanya diperlukan kedisiplinan dalam setiap aspeknya”, imbuh Tomtom.

Untuk menyemangati peserta yang hadir, dalam acara launching Komitmen Penerapan ISO 9001:2015 ini juga diselingi dengan pemberian kuis berhadiah berupa uang cash yang diambil dari kantong pribadi Kepala BKHH sendiri bagi yang bisa menyebutkan jabaran tugas dan peranannya pada masing-masing biro dengan baik dan benar. (adh)

Leave a Reply