Beragam Hasil Riset LIPI di 2 Abad Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor (KRB) yang merupakan Kebun Raya tertua di level Asia Tenggara. Lahir tahun 1817, dengan luas area sekitar 87 hektar, Kebun Raya Bogor memiliki koleksi tumbuhan sejumlah 12.531 spesimen, yang dikelompokkan ke dalam 3.228 jenis, 1.210 marga, dan 214 suku pada tahun ini genap merayakan hari jadinya yang ke 2 abad.

Dalam momentum perayaan hari jadi KRB yang ke 2 abad ini berbagai acara digelar diantaranya adalah  pameran  yang diiukuti 80 booth peserta pameran yang berasal dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Kebun Raya Leiden, Delft, Kebun Raya  di Indonesia yang dikoordinir oleh LIPI, komunitas pencinta lingkungan, Kehutanan dan universitas. Pameran yang berlangsung pada tanggal 18 s.d 21 Mei 2017 diadakan di lapangan Jalan Astrid di area KRB.

Adapun tema perayaan 2 abad KRB adalah “Plant and People in Harmony”, dimana pada perayaan kali ini Kebun Raya Bogor ingin mengingatkan kepada kita semua tentang peran penting tumbuhan di alam,” tutur Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya LIPI, (Dr. Didik Widyatmoko, M.Sc). “Alam telah memberikan banyak manfaat kepada manusia namun meski demikian hal itu ada batasnya,” lanjutnya. “Untuk itu pada perayaan kali ini  KRB kembali mengingatkan agar manusia lebih bijak dalam mendayagunakan tumbuhan,” katanya.

LIPI hadir dalam pameran di 2 abad HUT Kebun Raya Bogor, dengan melibatkan  satuan kerja LIPI yang tergabung dalam satu kesatuan area  dengan menampilkan berbagai hasil penelitian diantaranya : Puslit Bioteknologi : (Gabah & Bersa Padi Gogo, Mocaf, Kultur Ubi Kayu unggul, Rumpun padi Lipigo, 200 bibit tanaman buah), kedeputian Bidang IPT (Mini maket Ekstruder pengolahan mie non Gandum,tepung pisang “Ripe Bon”,Tepung singkong, ubi jalar termodifikasi, stater mocaf,tepung suweg termodifikasi,olahan tepung suweg/ubi jalar ”Brownis” olahan  tepung suweg/ubi jalar”cookies”, Mie Mocaf, sari buah (stempert),produk Herbal (sari kumetap), olahan tepung pisang (Bafle), UPT BIT (Film-film), PDII (Jasa Informasi, Animasi kemasan Informasi Ilmiah, Kemasan Pohon  Industri, Akses Informasi Ilmiah). Puslit Biologi (Isolat, Koleksi Biakan Bidang Mik POH,Jati Platinum Tetraploid, Angkak Robiologi), UPT BPTBA (Pangan, Pengolahan Produk Pengalengan,Lemofit, Herbalomix, Biomix Pro,Imono Chick, Olahan Herbal, Filter Biogas , Sabun Transparan), Puslit Limnologi : Integrated Multi Thropic Aquacultur (IMTA) uk : 1m x 80 cm x 1 m, Aquaponik UK : 1,2 m x 1 cm x 2 m, Puslit Oseanografi (Specimen, Aquarium, buku –buku, Puslit Biomaterial : (Vertikal garden,sepeda  kayu dan brosur), LIPI Press  (berbagai judul Buku – buku), BKHH/Pappiptek  (Brosur, informasi tentang LIPI).

Instansi lain juga turut memeriahkan HUT 2 abad KRB, antara lain Kementerian Pertanian, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (ks)

Leave a Reply